Kepedulian DPD LDII Kota Bandung terhadap Generasi Penerus dengan membangun Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM)

Bandung (15/09) Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang di kelola oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). PPM ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan keseriusan  yang di tunjukkan kepada warga LDII terutama kaum mahasiswa dalam membina generasi penerusnya. Hingga saat ini PPM sudah tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Malang, Pekanbaru, dll, dan salah satunya adalah PPM Minhajul Haq di Kota Bandung ini.

Kota Bandung merupakan Kawasan yang terdapat banyak perguruan tinggi negeri dan swasta. Mahasiswa/I yang kuliah di berbagai perguruan tinggi ini tidak hanya berasal dari Kota Bandung saja, namun banyak yang berasal dari luar Kota Bandung alias merantau. Mahasiswa/I dalam kesehariannya masih memilik waktu luang di setiap harinya (mengingat bahwa jam kuliah mahasiswa tidak full seperti SMA), hal ini bisa memicu mahasiswa mengerjakan perbuatan-perbuatan yang kurang bermanfaat bahkan cenderung tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Kemudian mahasiswa/I pun tidak sepenuhnya sudah memiliki kefahaman agama Islam yang kuat dan bisa tertib ibadah. Di sisi lain, dengan semakin berkembang dan memasyarakatnya ilmu Al-Qur’an & Al-Hadist disemua  kalangan, baik di dalam maupun luar negeri, maka dibutuhkan tenaga-tenaga penyampai ilmu agama Islam (mubaligh) yang berbekal intelektual tinggi. Hal-hal di atas yang mendasari Dewan Pimpinan Daerah LDII Kota Bandung yang bekerjasama dengan Yayasan Generasi Penerus Bangsa untuk mendirikan Pondok Pesantren Mahasiswa Minhajul Haq di Kota Bandung ini, dengan mengedepankan 3 prinsip pembekalan siswa-siswinya

  1. Menjadi generasi penerus yang faqih & alim
  2. Menjadi generasi penerus yang berakhlaqul karimah
  3. Menjadi generasi penerus yang mandiri

Salah satu tujuan dari didirikannya Pondok Pesantren Mahasiswa Minhajul Haq ini yaitu untuk mencetak para mubaligh atau mubalighot atau penyampai agama yang sekaligus mempunyai bekal ilmu dunia, menjadikan sarjana yang mubaligh-mubaligh yang sarjana., yang nantinya bemanafaaat bagi dirinya untuk bisa memajukan bangsa Indonesia dan LDII dengan bekal ilmu sarjananya dan ilmu agamanya yang sudah dia dapat sewaktu di PPM.

“ Kegiatan yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) sedikit berbeda dengan kebanyakan mahasiswa yang ada. Dalam kesahariannya ketika pagi sampai sore sama seperti mahasiswa yang lain, yaitu berkuliah. Sedangkan di malam hari nya mereka dituntut untuk mencari ilmu agama. Jadi disinilah santriwan santriwati PPM di tuntut untuk bisa membagi waktu untuk berkuliah dan mengaji.” Ucap H. Sunarya Ketua DPD LDII Kota Bandung.

H. Sunarya Ketua DPD LDII Kota Bandung

PPM Minhajul Haq dibangun sebagai bentuk kepedulian DPD LDII Kota Bandung dan Yayasan Generasi Penerus Bangsa untuk membangun generasi penerus kota bandung yang faqih, berakhlakul karimah dan mandiri untuk turut mensukseskan Kota Bandung Juara Lahir Batin.

“ Pembangunan PPM Minhajul Haq ini menghabiskan biaya 8,3 Milyar yang keseluruhan dana diperoleh dari sumbangan sukarela semua warga LDII se-Kota Bandung.” Ucap Ir. H. Yoni Irawan, M.B.A

Ir. H. Yoni Irawan, M.B.A Ketua PPM Minhajul Haq

Inovasi dan kolaborasi LDII dengan pemerintah Kota Bandung dengan Membangun Pondok Pesantren Mahasiswa yang mendukung program pemerintah Wujudkan Kota Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis. “Kami apresiasi kepada LDII yang bertekad untuk mencetak generasi Hafid Al-quran.” Ucap Medi Mahendra, A.P., S.Sos., M.Si. Kabagkesra Kota Bandung Mewakili Wali Kota Bandung.

Medi Mahendra, A.P., S.Sos., M.Si. Kabagkesra Kota Bandung

dalam acara tersebut ketua DPRD Kota Bandung sekaligus membuka dimulainya kegiatan PPM. “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada LDII yang telah membangun PPM yang mempunyai misi Mencetak Generasi Penerus yang berkarakter Profesional Religius demi terwujudnya Kota Bandung yang Unggul Nyaman, Sejahtera, dan Agamis. Selain itu kami harapkan warga bandung yang tidak mampu diberikan prioritas untuk dibantu bisa menjadi santri PPM Minhajul Haq” Ucap Tedy Rusmawan Ketua DPRD Kota Bandung.

Hadir pula dalam peresmian Pondok pesantrean Mahasiswa Minhajul Haq Ketua DPW LDII H. Bahrudin

One Comment on “Kepedulian DPD LDII Kota Bandung terhadap Generasi Penerus dengan membangun Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *